Sabtu, 27 November 2010

PRONOUNS/KATA GANTI

Pronouns dalam bahasa Indonesia disebut juga kata ganti, yaitu kata-kata yang dipergunakan sebagai pengganti atau yang menggantikan kata-kata benda. Pronouns yang dimaksud yaitu:

1.                  Personal Pronouns (kata ganti orang/benda), digunakan sebagai subjek.
a.       I=Saya/aku/inyong/kawula, menunjuk pada seseorang yang sedang berbicara atau menulis atau tidak sedang menulis tapi yang menulis sebuah tulisan atau beberapa tulisan . I selau diikuti am, (untuk menyatakan kegiatan atau keberadaan itu pada waktu sekarang atau rutin), dan diikuti was (jika untuk menyatakan kegiatan atau keberadaannya itu sudah lampau)  jika kata di depannya bukan kata kerja.
b.      You=Kamu/kowe/panjenengan, menunjuk pada orang yang diajak berbicara di depannya atau jauh di sana namun sedang langsung berbicara dengan I, atau yang sedang dikirimi SMS oleh I atau juga pembaca sebuah atau beberapa buah tulisan. You baik satu atau lebih dari satu diikuti  are, (untuk menyatakan kegiatan atau keberadaan itu pada waktu sekarang atau rutin), dan diikuti were (jika untuk menyatakan kexiatan atau keberadaannya itu sudah lampau)  jika kata di depannya bukan kata kerja.
c.       He=Dia/dheweke/piyambakipun/panjenenganipun (laki-laki), She=Dia (perempuan), I=Dia (Bukan orang), menunjuk pada orang, yang tidak sedang diajak berbicara lansung oleh I, namun bisa jadi terlibat dalam pembicaraan, namun sebagai yang sedang dibicarakan oleh I dan you. He, She, It diikuti is, (untuk menyatakan kegiatan atau keberadaan itu pada waktu sekarang atau rutin), dan diikuti was (jika untuk menyatakan kegiatan atau keberadaannya itu sudah lampau)  jika kata di depannya bukan kata kerja.
d.      We=Kita/awak dhewe/kita sedaya, menunjuk pada I dan You yang bersama-sama berbicara mengatas namakan kebersamaannya dalam sebuah pembicaraan kepada pembicara di depannya, atau jauh di sana yang sedang diajak berbicara oleh I dan you pada waktu yang sama. They=Mereka/piyambakipun/panjenenganipun menunjuk pada He, she, it, yang dimaksud dalam kebersamaan pendapat yang ditunjuk oleh I atau you. , We, They diikuti are, (untuk menyatakan kegiatan atau keberadaan itu pada waktu sekarang atau rutin), dan diikuti were (jika untuk menyatakan kegiatan atau keberadaannya itu sudah lampau)  jika kata di depannya bukan kata kerja.
2.                  Personal Pronouns (kata ganti orang/bukan orang), digunakan sebagai objek.
3.                  Adjective Pronouns (kata ganti-kata ganti sifat) yang menerangkan benda di belankangnya. Semua kata itu harus diikuti oleh kata benda. Jika bendanya satu maka diikuti is jika waktunya sekarang atau rutin, dan diikuti was jika waktunya lampau. Sedangkan jika bendanya lebih dari satu harus diikuti are jika waktunya sekarang atau rutin dan diikuti were jika waktunya lampau.  
4.                  Possessive Pronouns (kata ganti kepunyaan) menyatakan milik siapa benda yang dimaksud sebelumnya.
5.                  Reflexive Pronouns (kata ganti reflexive) yang menyatakan bagaimana kata ganti itu melakukan sebuah atau beberapa buah kexiatannya tanpa bantuan orang atau tanpa kesertaan orang lain.

Berikut adalah tablenya:

No
Subject
Object
Possessive Adjective
Possessive pronoun
Reflexive
1.
I=Saya……
…me
…my…
…mine
…myself
2.
You=Kamu…
…you
…your…
…yours
…yourself
3.
He=Dia (Dia laki2)
…him
…his…
…his
…himself
4
She=Dia (Dia prp)
…her
…her…
…hers
…herself
5.
It=Dia (Dia benda)
…it
…its…
…its
…itself
6.
We=Kita
…us
…our…
…ours
…ourselves
7.
You=Kalian
….you
…your…
…yours
…yourselves
8.
They=Mereka
…them
…their…
…theirs
…themselves

Tidak ada komentar:

Posting Komentar