Sabtu, 09 Oktober 2010

The Verbs of Perception

The verbs of perception atau dalam bahasa Indonesia adalah kata kerja persepsi, yaitu kata-kata kerja yang berhubungan dengan indera kita; yaitu; look at=melihat, hear=mendengar, listen to=mendengarkan, watch=menonton, see=melihat, smell=membau, notice=melihat/memperhatikan, observe=mengamati, feel=meraba/merasa.
          Kata-kata kerja tertentu yang tersebut di atas, bisa diikuti oleh simple form atau bare verb, atau kata kerja dasar-tanpa to, s/es-, bias juga diikuti oleh ing-form/ V-ing, yang menjadikan sedikit ada perbedaan di dalamnya, dalam hal pelaksanaanya.
Contoh:
a. I saw my friend run down the street.
(Saya melihat temanku berlari di jalan)

b. I saw my friend running down the street.
(Saya melihat temanku sedang berlari di jalan)
Keterangan: Saya melihat temanku sewaktu dia berlari di jalan.

c. I heard the rain fall on the roof.
(Saya mendengar hujan jatuh di genting)

d. I heard the rain falling on the roof.
(Saya mendengar hujan sedang jatuh di genting)

e. I heard a famous opera star sing at the concert last night.
(Saya mendengar seorang bintang opera terkenal menyanyi tadi malam)
Keterangan: Saya mendengar nyanyian itu dari awal hingga akhir.

f. When I walked into the apartement, I heard my roommate singing in the shower)
(Ketika saya masuk ke apartemen, saya mendengar teman sekamarku sedang menyanyi ‘sambil mandi’ di kamar mandi)
Keterangan: Lagu itu sedang dinyanyikan sewaktu saya mendegarnya.

Pembelajar bahasa Inggris, sekarang lengakapilah kalimat-kalimat di bawah ini, dengan menggunakan kata-kata di dalam daftar di bahaw ini. Gunakanlah kedua bentuk yang mungkin.

1. chase                        2. land                          3. shake           4. come            5.look at                      
6. sing                          7. knock                       8. ring               9. take off

1. When I was downtown yesterday, I saw the police ….a thief.
2. There was an earthquake in my hometown last year. It was just a small one, but I could feel the ground…
3. Polly was working in her garden, so she didn’t hear the phone…
4. I like to listen to the birds …when I get up early in the morning.
5. The guard observed a suspicious-looking person…into the bank.
6. I was almost asleep last night when I suddenly heard someone…on the door.
7. Did you notice Max …another student’s paper during the exam?
8. While I was waiting for my plane, I watched other planes …and…

Selamat berlatih, dan semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk Anda.

3 komentar:

  1. kalau pakai positif,negatif,sama kata tanya gimana caranya pak/ rumusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cara membuat kalimat interrogative
      http://english5menit.com/interrogative-sentences/

      Hapus
  2. Cerrain Verbs of perception are followed by either the simple form

    BalasHapus