Selasa, 19 Oktober 2010

CONDITIONAL SENTENCES/KALIMAT PENGANDAIAN (3)

3. The Third type/Tipe ketiga
    (Past – Unreal Conditional)

 A. Definition/Pengertian
            Tipe ketiga menggambarkan suatu kejadian yang bertentangan pada masa lampau dan tidak ada harapan akan terlaksana pada waktu sekarng karena hanya merupakan/bayangan/emajinasi/pengandaian/lamunan masa lampau (impossible condition/kondisi yang tidak mungkin terjadi).

B. Pattern/Rumus:
If + Subject 1 + past perfec tense, + Subject 1 + future perfect tense.

If + S 1+ had+V-3, + S2 + (modal-2) + have + V3

If + S 1+ had been+NV, + S2 + (modal-2) + have + been+NV

If + S 1+ had+V-3, + S2 + (modal-2) + have + been+NV

If + S 1+ had+been+NV, + S2 + (modal-2+ have + V3.

Or/Atau
Subject 1 + future perfect tense + if + Subject 2 + past perfect  tense
S1 + (modal-2) + have + V3+ if + S2+had+V-3

S1 + (modal-2) + have +been+NV+ if + S2+had+been +NV

S1 + (modal-2) + have + V3+ if + S2+ had+been +NV

S1 + (modal-2) + have + been+NV+ if + S2+had+V-3

C. Explanation/Keterangan:
  1. Modal 2, yaitu: would, could, should, dan might.
  2. NV yaitu Non Verb; kata sifat, kata benda, dan kata keterangan.
  3. To be-2 yang dipakai dalam kalimat pengandaian jenis kedua ini adalah selalu ‘were’ bukan yang lain yaitu ‘was’, bukan.

D. Examples/Contoh:
1. If my boss had not invited me, I would have joined you.
Seandainya bos saya belum mengundangku, saya akan sudah bergabung denganmu.

(Fact: My boss invited me, so I didn’t join you.)
(Faktanya: Bos saya sudah mengundangku, maka saya tidak bergabung denganmu).

2. If I had known you were there, I would have written you a letter.
Seandainya aku sudah tahu enkau berada di sana, saya akan sudah menulis surat padamu.

(Fact: I didn’t write a letter because I didn’t know you are there.)
(Faktanya: Aku tidak menulis surat karena aku tidak tahu engkau berada di sana.)

3. If you had invited me, I would have come.
Seandainya enkau sudah mengundangku, aku akan sudah datang.

(Fact: I didn’t come because you didn’t invite me.)
(Faktanya: Aku tidak datang karena engkau tidak mengundangku.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar