Sabtu, 30 Oktober 2010

GERUND/KATA KERJA YANG DIBENDAKAN (1)

A. Pengertian
Gerund adalah kata kerja bentuk –ing/ the –ing form of a verb, yang digunakan sebaiagi ‘noun’/kata benda. Gerund digunakan dengan cara yang sama pada kata benda yang lian yang buka gerund, sebagai subject atu object.
Ada 6 (enam) cara pembentukan gerund, yaitu; SEBAGAI SUBJECT, SEBAGAI OBJECT, SESUDAH POSSESSIVE ADJECTIVE, SESUDAH PREPOSITION, SESUDAH KATA KERJA TERTENTU, DAN SESUDAH KATA ‘GO’ YANG KONOTASINYA ‘RECREATIVE’=kegiatan yang menyenangkan dan dilakukan di luar rumah.

I. Gerund as a subject.
Seperti halnya subject yang lain, SUBJET DALAM BENTUNK GERUND ini letaknya sama persis dengan letak-letak mereka, yaitu di depan sebuah kalimat, sebagai pokok kalimat atu pokok pembicaraan atau kepala kalimat.
Examples:
 Playing tennis is fun.
 PLAYING=gerud, aslinya PLAY+ING.
 Walking is a good exercise.
 WALKING=gerud, aslinya WALK+ING.

II. Gerud as an object.
Seperti halnya object yang lain, OBJECT DALAM BENTUNK GERUND ini letaknya sama persis dengan letak-letak mereka, yaitu di belakang sebuah kalimat, sebagai dalam sebuah kalimat atau kelengkapan pembicaraan.
Exampes:
 We enjoy playing tennis.
 PLAYING=gerund, aslinya PLAY+-ING.
 I heard some surprising news.
 SURPRISING=gerund, aslinya SURPRISE+ING

III. Gerung sesudah possessive adjective.
Jika dalam sebuah kalimat itu ada POSSESSIVE ADJECTIVE, maka apabila di belakang possessive adjective itu ada kata kerja, maka kata kerja itu dibendakan dengan cara menambahkan –ing di belakang kata kerja itu.
Possessive adjectives, yaitu; MY, YOUR, OUR, THEIR, HIS, HER, ITS, (sesudah nama orang/binatang/benda lain, yang mempunyai apostrophe (’) dan diikuti –s dibelakangnya, atau apostrophe (’) saja, seperti pada nama Stanis’, Contoh; BAGUS’, ALDO’S, INDRI’S, THE CAT’S, THE WIND’S, dsb)
Exampes:
 Your writing is better than mine.
 Writing=gerund, aslinya write+-ing. Karena ada kata YOUR
 I saw Bagus’ running was fast.
 Runnning=gerund, aslinya run+ing. Karena ada nama orang yang diikuti (‘) apostrophe yaitu pada kata Bagus’.

1 komentar: