Senin, 27 September 2010

Artikel Pertama: ‘A’ atau ‘AN’?


Para pembaca yang budiman, dalam Bahas Inggris untuk mengatakan: sebuah, seorang, seekor, sehelai selembar, dan se...yang lain yang artinya satu, digunakan sebuah artikel ‘a’ atau ‘an’.  Namun bagaimana cara membedakan penggunaannya, dalam bentuk penulisan atau perkataan? Tentunya kita perlu mengetahu ilmunya.
            Artikel “A’ digunakan untuk menyatakan satu atau se..., yang digunakanuntuk kata-kata yang diawali dengan huruh mati atau consonant., contoh: a book, a policeman, a cock, a peace of chalk, dsb.
            Artikel ‘an’ digunakan untuk menyatan satu, sebuah, seekor, selembar, dsb, yang kata-katanya itu diawali dengan huruh hidup atau vocal atau vowel sound, contoh: an umbrella, an apple, an envelope, dsb.
Di bawah ini adalah common error yang sering terjadi di kalangan pembelajar Bahasa Inggris di Indonesia.
Selah: I hope you all have a enjoyable stay.
Benar: I hope you all have an enjoyable stay.
Peraturan lain:
1. Ada peraturan yang berlaku dalam Bahasa Inggris, yaitu jika sesudahnya adalah sebuah singkatan. Walaupun huruh mati atau consonant namun diucapkan sebagai huruf hidup atau vocal, vowel sound, misalnya pada:
Salah: My nephew is doing a MSc in civil engineering.
Betul: My nephew is doing an MSc in civil engineering.
Keterangan: Gunakanlah ‘an’ sebelum sebuah singkatan yang dimulai dengan huruh vowel sound, yaitu huruf; H, L, M, N, R, dan S. Contoh: an HIV, an LPMP, an MAN, an RCA, an SMK.

2. Peraturan lain lagi adalah jika sesudahnya itu adalah sebuah kata yang diawali dengan huruh mati, atau consonant, namun dibaca hidup, seperti pada:
Salah: Sometimes it is difficult to live a honest life.
Betul: Sometimes it is difficult to live an honest life.
Keterangan: Gunakanlah ‘an’ sebelum sebuah kata yang dimulai denga huruf ‘h’ ketika ‘h’ itu tidak diucapkan, seperti: an honor dan, an hour.

            Demikin tadi perbedaan penggunaan artikel ’a’ dan ’an’. Semoga bisa difahami dan bermanfaat bagi kita semua pembelajar Bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi pada edisi mendatang. Selamat belajar dan beraktfitas yang bermanfaat  dan sukses untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar